Manurung, Meri Kristina Tiurma (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIA SMA SWASTA YPK MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4132141017 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM.4132141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM.4132141017 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM.4132141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5.NIM.4132141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6.NIM.4132141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7.NIM.4132141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8.NIM.4132141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9.NIM.4132141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM.4132141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM.4132141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM.4132141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan tingkat kesulitan pada bidang studi biologi di kelas X SMA Swasta YPK Medan. Kesulitan belajar siswa diketahui melalui angket. Siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah yang memiliki nilai lebih kecil dari KKM yang diperoleh dari nilai akhir semester siswa. Jumlah populasi 84 siswa sampel penelitian adalah 34 orang siswa yang berkesulitan belajar. Melalui teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor intelegensi 47,81 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor perhatian 54 % yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor minat 50,20 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor bakat 48,75 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor orang tua 55 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor suasana rumah 58,12 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor pendekatan dan strategi pembelajaran 63,12 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang menghambat, faktor metode mengajar 66,45 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yangmenghambat,faktor media pembelajaran 50 % yang berarti memiliki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, faktor disiplin guru 74,68 % yang beraarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat, dan faktor lingkungan sekolah 59,68 % yang berarti memilki tingkat kesulitan yang cukup menghambat. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa adalah faktor sekolah yaitu disiplin guru sebesar 74,68 % yang tergolong kriteria menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 100 |
Keywords: | kesulitan belajar; faktor; indikator |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 12:00 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26332 |