Lubis, Dina Alfila (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132141002 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4132141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 4132141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4132141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 4132141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4132141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4132141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4132141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 4132141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4132141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan siswa pada materi jamur dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar di kelas X IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 123 orang, dan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (sampel total). Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pada materi jamur yang berjumlah 30 soal dan angket yang berjumlah 40 item. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi jamur dilihat dari aspek kognitif kesulitan belajar yang tertinggi terdapat tingkat C6 (menciptakan) sedangkan yang terendah terdapat pada tingkat C1 (mengingat); (2) Kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi jamur dilihat dari aspek indikator pembelajaran yang tertinggi terdapat indikator 5 (mengidentikasi jamur beracun dan tidak beracun (dapat dimakan)) sedangkan yang terendah terdapat pada indikator 1 yaitu mengidentifikasi ciri-ciri jamur: (3) Faktor tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi jamur adalah orang tua dan faktor terendah yaitu kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 115 |
Keywords: | Kesulitan belajar, Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:56 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26320 |