Lestari, Sri Endang (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133141078 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4133141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3 NIM 4133141078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4 NIM 4133141078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5 NIM 4133141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6 NIM 4133141078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 4133141078 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4133141078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9 NIM 4133141078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13 NIM 4133141078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14 NIM 4133141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian diambil acak kelas sehingga didapatkan dua kelas sebagai sampelnya yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model Numbered Heads Together dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan model Think Pair Share yang masing-masing terdiri dari 24 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal sebagai soal pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t. Dari hasil perhitungan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil belajar siswa dari kedua kelas dinyatakan normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Think Pair Share, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together sebesar 89,10, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share sebesar 75,83. Perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung > ttabel (5,529 > 1,6801). Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together dengan Think Pair Share pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan T.P. 2016/2017. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dari model pembelajaran Think Pair Share
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 116 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Numbered Heads Together, Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26318 |