Fadhilah, Helvinatari (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARBACH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_COVER.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
2_APPROV.PDF - Published Version
Download (683kB) | Preview
3_ABSTRA.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
4_PREFAC.PDF - Published Version
Download (63kB) | Preview
5_TABLE_.PDF - Published Version
Download (63kB) | Preview
6_ILLUST.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
7_TABLES.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
8_APPEND.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
9_CHAPTE.PDF - Published Version
Download (177kB) | Preview
13_CHAPT.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
14_BIBLI.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
kategorisasi pertanyaan siswa, dan mengetahui kualitas pertanyaan siswa
berdasarkan Taksonomi Marbach pada materi Sistem Ekskresi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri
dari 3 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive
sample berjumlah satu kelas yaitu XI IPA 2 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan jumlah siswa yang bertanya secara
tertulis lebih banyak daripada secara lisan. Kuantitas pertanyaan siswa
berdasarkan jumlah pertanyaan yang diajukan siswa lebih banyak yang
mengajukan pertanyaan secara lisan daripada tertulis. Semua kategori pertanyaan
berdasarkan Taksonomi Marbach terdapat pada pertanyaan siswa secara
keseluruhan yaitu kategori 0 = 3,28%, 1a = 18,03%, 1b = 9,02%, 2 = 22,13%, 3 =
11,48%, 4 = 22, 95%, 5 = 8,20%, dan 6 = 4,92%, hal ini dapat disimpulkan bahwa
pertanyaan yang paling banyak muncul ialah kategori 4 yaitu pertanyaan di mana
siswa mencari informasi lebih dari yang tersedia dalam buku teks (pertanyaan
penggalian informasi). Kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokan
menjadi 4 tipe pertanyaan didapatkan bahwa pertanyaan yang paling banyak
muncul termasuk kedalam tipe III, sedangkan kualitas pertanyaan siswa
berdasarkan pengelompokan menjadi 3 kelompok yang lebih luas menunjukkan
bahwa banyak pertanyaan yang masuk kedalam kelompok 2 yaitu pertanyaan
deskripsi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya siswa kelas XI
IPA 2 SMA Negeri 10 Medan T.P 2016/2017 dapat dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 120 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERTANYA; TAKSONOMI MARBACH; EKSKRESI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:55 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26314 |