Ningrum, Nurlian Augustin (2017) ANALISIS KESULITAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141060 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 4133141060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 4133141060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 4133141060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 4133141060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4133141060 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 4133141060 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 4133141060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4133141060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 4133141060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 4133141060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kesulitan penilaian autentik pada kurikulum 2013 yang dialami oleh guru biologi di SMA negeri di Kota Binjai (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru biologi dalam melaksanakan penilaian autentik pada kurikulum 2013, (3) mengetahui penyebab guru mengalami kesulitan dalam melaksanaan penilaian autentik pada kurikulum 2013,.
Penenilitian ini merupakan penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif. penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi dengan menggunakan tekni purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan secara triangulasi yaitu dengan pengisian anglet, wawancara, dokumentasi dan observasi langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian guru biologi SMA Negeri di Kota Binjai mengalami kendala saat melaksanakan penilaian autentik. Kendala yang dihadapi oleh guru biologi antara lain kesulitan dalam pembuatan instrumen, kesulitan dalam penisisan format penilaian, kesulitan dalam menilAI sikap siswa secara objektif. Tedapat beberapa faktor penyebab guru mengalami kendala saat melaksanakan penilaian autentik yaitu jumlah murid yang tidak ideal, kurangnya pemahaman mengenai tata cara penilaian autentik, pelatihan dan sosialisasi penilaian autentik belum maksimal, sarana dan prasarana sekolah yang kurang mendukung. Tingkat kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan penilaian autentik tergolong cukup sulit dengan nilai 61,01.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 128 |
Keywords: | KENDALA GURU ; PENILAIAN AUTENTIK ; PEMBELAJARAN BIOLOGI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26309 |