Silalahi, Jan Foxsechar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN JALAN UMUM KELAS XI TITL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123131019 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 5123131019 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM 5123131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 5123131019 ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 5123131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 5123131019 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 5123131019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 5123131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
12. NIM 5123131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 5123131019 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan Instalasi Penerangan Jalan Umum, antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered heads Together dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Yang Mengikuti Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Jalan Umum yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas dari populasi secara acak, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together adalah kelas XI TITL A yang berjumlah 30 siswa serta kelas XI TITL B menjadi kelas kontrol kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Ekspositori yang berjumlah 32 siswa. Total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 62 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Jalan Umum antara Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Model Pembelajaran Ekspositori, dimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Jalan Umum untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 22,96 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 20,03. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together diperoleh Lhitung sebesar 0,0823 dan Ltabel sebesar 0,161 karena Lhitung<Ltabel atau 0,0885< 0,161, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,114 Ltabel = 0,156 karena Lhitung<Ltabel atau 0,114 < 0,156, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Jalan Umum diperoleh Fhitung sebesar 1,58 dan Ftabel 1,83 karena Fhitung < Ftabel atau 1,58 < 1,83 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) Kelas XI TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 3,560 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,670.