Hasugian, Novalia Rosanna Evalin (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISIWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141030 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 4131141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM. 4131141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 4131141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 4131141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4131141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4131141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 4131141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4131141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM. 4131141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4131141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan pembelajaran biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 3 kelas dan jumlah seluruhnya 93 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random sampling) yaitu kelas XI IPA2 yang terdiri dari 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen yang digunakan sebanyak 25 soal.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas sudah terlaksana dengan baik dan siswa aktif, dari hasil belajar nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 56.00 dan nilai rata-rata tes akhir (post test) yaitu 80.26. Berdasarkan hasil data, efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 28 siswa tuntas (90.32%) dan 3 orang siswa tidak tuntas (9.68%). Efektivitas treatment juga sudah terpenuhi dimana thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.42 > 1.6973 dan persen peningkatan hasil belajar (N-Gain) berada pada kategori sedang yaitu 0.6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quiz Team pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 078 |
Keywords: | Quiz team; Efektivitas; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26286 |