Surbakti, Jesaya (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA SE-KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341034 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 4133341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 4133341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 4133341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM. 4133341034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 4133341034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 4133341034 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4133341034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4133341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM. 4133341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4133341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata di kelas X SMA dari aspek kognitif, berdasarkan indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas X SMA se-Kecamatan Pancur Batu Tahun pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas X SMA. Sampel diambil secara cluster random sampling yaitu SMA Negeri 1 Pancur Batu, SMA Swasta Anastasia Pancur Batu dan SMA Rakyat Pancur Batu dengan jumlah siswa 171 orang di SMA se-Kecamatan Pancur Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi invertebrata dan angket dengan siswa yang mengalami kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 25,91% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat pemahaman (C2) 29,86% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 34,91% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat analisis (C4) 49,79% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat evaluasi (C5) 60,39% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat kreasi (C6) 49,19% dengan tingkat kategori kesulitan sangat tinggi. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yang paling dominan adalah faktor internal yaitu psikiatik sebesar 80,83% dan kesehatan sebesar 78,61 dengan kategori menghambat kesulitan belajar, sedangkan faktor eksternal yaitu sekolah sebesar 78,46% dan mata pelajaran sebesar 65,47% dengan kategori menghambat kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 075 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Kognitif; Invertebrata |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26282 |