Nasution, Masni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MAKE A MATCH DAN WORD SQUARE KELAS XI-IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.A.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan Word Square pada materi Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.A.2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA MAN 2 Model Medan terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 422 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI-IPA 4 yang berjumlah 43 orang sebagai kelas Make a Match, kelas XI-IPA 5 yang berjumlah 41 orang sebagai kelas Word Square, dan kelas XI-IPA 1 yang berjumlah 41 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 40 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan ketiga kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar dengan Make a Match adalah 92,372, yang diajar dengan Word Square adalah 91,22, dan yang diajar dengan Kontrol adalah 92. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 82 diperoleh thitung > ttabel (2,44 > 1,98) maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan Word Square pada materi Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI IPA MAN 2 Model Medan T.A.2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 074 |
Keywords: | Make a match; Word square; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26280 |