Iswari, Firda (2017) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN ANIMASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131018 Sampul Skripsi_docx.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. Nim 4133131018 Lembar Pengesahan_docx.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. Nim 4133131018 Abstrak_docx.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. Nim 4133131018 Kata Pengantar_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. Nim 4133131018 Daftar Isi_docx.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. Nim 4133131018 Daftar Tabel_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. Nim 4133131018 Daftar Gambar_doc.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. Nim 4133131018 Daftar Lampiran_doc.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. Nim 4133131018 Bab I_docx.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. Nim 4133131018 Bab V_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. Nim 4133131018 Daftar Pustaka_docx.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning (PBL) dengan perbedaan media yaitu menggunakan media peta konsep dan media animasi komputer untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI SMA N 1 Stabat pada pokok bahasan larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 1 Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian secara Purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model PBL menggunakan media peta konsep dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan PBL menggunakan media animasi komputer. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Kemudian untuk motivasi siswa menggunakan angket motivasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji gain, uji t pihak kanan dan uji korelasi. Hasil uji gain dan t-test untuk peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa yaitu kelas eksperimen 1 rata-rata gain 0,61 dan terjadi peningkatan sebesar 61% dan kelas eksperimen 2 rata-rata gain 0,51 dan terjadi peningkatan sebesar 51%. Rata-Rata peningkatan motivasi siswa diperoleh pada eksperimen sebesar 22,94 dan eksperimen 2 sebesar 17,66. Untuk uji korelasi dengan PBL dengan media peta konsep (eksperimen 1) diperoleh rhitung > rtabel (0,82 < 0,349) dan uji korelasi dengan model PBL dengan media animasi komputer (eksperimen 2) diperoleh rhitung > rtabel (0,696 < 0,349) dan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh untuk eksperimen 1 thitung > ttabel (19,64 > 1,99) dan eksperimen 2 thitung > ttabel (20,62 > 1,99) sedangkan uji t-test untuk motivasi siswa diperoleh harga untuk eksperimen 1 thitung > ttabel (12,58 > 1,99) dan eksperimen 2 thitung > ttabel (11,70 > 1,99). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) ada peningkatan motivasi siswa yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media peta konsep dan model PBL dengan media animasi komputer, 2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media peta konsep dan model PBL dengan media animasi komputer . 3) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi siswa yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media peta konsep, 4) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan motivasi siswa yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media animasi komputer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 066 |
Keywords: | Model PBL; Media peta konsep; Media animasi komputer; Hasil belajar; Motivasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26278 |