Sihombing, Ridho Ernistua (2017) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK DHARMA BAKTI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7103141111 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7103141111 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 7103141111 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 7103141111 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM. 7103141111 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 7103141111 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 7103141111 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7103141111 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 7103141111 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13. NIM. 7103141111 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 7103141111 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah profesionalisme guru dan fasilitas belajar yang rendah terhadap prestasi belajar Kewirausahaan siswa SMK Dharma Bakti I Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar kewiraushaan siswa SMK Dharma Bakti I Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini di laksanakan SMK Dharma Bakti I Medan yang beralamat di JL. Jamin Ginting KM. 8 Medan Sumatra Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Dharma Bakti I Medan yang berjumlah 88 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 88 orang yang diambil dengan teknik pengambilansampe ltotal sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitianya itu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profesionalisme guru (X1) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengannilai 0.312 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu0,811 >0,312. Sedangkan variabel fasilitas belajar (X2) memiliki korelasi pada kategori agak rendah dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.312 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu0,941 > 0,312. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat,dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 69,266 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3.10. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda, didapat koefisien regresiY = 35,149 + 0,269 X1 + 0,383 X2. Untuk variabel fasilitas belajar dipeoleh nilai thitung adalah sebesar 2,798 dan ttabel bernilai 1,666 sehingga thitung>ttabel (2,798>1,666) dengan signifikan 0,006< 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Dharma Bakti I Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 035 |
Keywords: | Profesionalisme guru; Fasilitas belajar; Prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:07 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 10:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26269 |