Chairunisa, Ridha (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MICROSOFT POWER POINT PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4131111038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4131111038 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM 4131111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. NIM 4131111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5.NIM 4131111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6.NIM 4131111038 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7.NIM 4131111038 TABLE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 4131111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM 4131111038 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM 4131111038 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 4131111038 BIBILYOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ketika menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 27 Medan, Tahun Pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berbantuan Microsoft Power Point Pada Materi Segi Empat dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A. 2016/ 2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes individu, tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan wawancara. Sedangkan sarana pendukung pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan tes individu siswa. Analisa data yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing–masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes kemampuan awal yaitu 7 dari 36 orang siswa (20 %) dengan rata – rata kelas 58,09. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh tingkat kemampuan memahami masalah siswa 90,28%, tingkat kemampuan merencanakan penyelesaian masalah siswa 77,31%, tingkat kemampuan melaksanakan penyelesaian masalah 70,06% dan tingkat kemampuan memeriksa kembali penyelesaian masalah 64,35%, dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 26 orang siswa dari 36 siswa atau 72,22% dan belum mencapai ketuntasan kelas. Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh tingkat kemampuan memahami masalah siswa 92,82%, tingkat kemampuan merencanakan penyelesaian masalah siswa 81,48%, tingkat kemampuan melaksanakan penyelesaian masalah 74,54% dan tingkat kemampuan memeriksa kembali penyelesaian masalah 70,14%, dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 31 orang siswa dari 36 orang siswa atau (86,11%) sehingga sudah mencapai ketuntasan kelas yaitu sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 072 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26267 |