Sahdu, Nadya Umay (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERDASARKAN TES PISA LITERASI SAINS KELAS X IPA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132141020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4132141020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 4132141020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 4132141020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4132141020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4132141020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 4132141020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4132141020 DAFTAR TABEL ..pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM.4132141020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
10. NIM. 4132141020 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM. 4132141020 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
15 NIM. 4132141020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan tes PISA literasi sains kelas X IPA di Madrasah Aliyah Negeri kota Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Soal-soal PISA diambil secara purposif dan dianalisis dengan menggunakan taksonomi Bloom serta format pertanyaan. Kemudian sebanyak 114 siswa dari tiga sekolah MA Negeri di Medan diambil secara acak dengan menggunakan teknik probability sampling dissproportioned stratified random sampling dan diuji dengan soal Biologi PISA yang terdiri dari 30 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata untuk kategori literasi sains adalah 66,85 ± 8,941 dan nilai rerata untuk masing-masing kompetensi yang dinilai PISA adalah 70,43 ± 15,319 untuk menggunakan bukti ilmiah, 65,7 ± 10,62 dalam menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan 64,4 ± 15,015 dalam mengidentifikasi masalah ilmiah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan tes PISA dikategorikan dalam rentang cukup (60 – 75). Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data instrumen tes PISA literasi Sains dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 070 |
Keywords: | Berpikir Kritis; PISA; Literasi Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26260 |