PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII-1 MTSN 1 MODEL MEDAN

Simangunsong, Nuraini (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII-1 MTSN 1 MODEL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061188230061 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
061188230061 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of 061188230061 Abstrak.pdf]
Preview
Text
061188230061 Abstrak.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 061188230061 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
061188230061 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 061188230061 Bab I.pdf]
Preview
Text
061188230061 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 061188230061 Bab V.pdf]
Preview
Text
061188230061 Bab V.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 061188230061 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
061188230061 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas guna perbaikan pembelajaran Biologi kelas VIII di MTsN 1 Model Medan telah dilakukan untuk mencapai tujuan : (1) melakukan perbaikan prilaku belajar siswa dalam belajar kelompok; (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dan (3) menumbuhkan respon positif siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif—Jigsaw pada pembelajaran biologi di kelas V111-1 MTsN 1 Medan.Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 22 Atli hingga 26 Agustus 2008. Lokasi penelitian adalah MTsN 1 Model Medan JI. Pertahanan Patumbak. Subjek penelitian adalah 40 orang siswa kelas VIII-1 MTsN 1 Model Medan, Tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 (tiga) pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap parameter aktivitas siswa dalam berdiskusi, teknik tes dilakukan untuk mengumpulkan data peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diterapkan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik deskriptif dan data kualitatif dengan analisis rekaman pembelajaran (vignette).Hasil penelitian diperoleh (1) aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran diskusi menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw menunjukkan, siswa telah mampu melakukan pengalaman belajar diskusi kelompok asal dan ahli diindikasikan oleh kecenderungan peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus 1 ke siklus 2; (2) ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yakni: pada siklus 1; pertemuan ke-2 = 50 %, pertemuan ke-3 = 57,5 % dan siklus 2: pertemuan ke-4 = 72,5%, pertemuan ke-5 = 87,5 % dan (3) siswa merespon sangat positif (sangat senang dan berminat) mengikuti pembelajaran diskusi model kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.227 Sim p
Keywords: Model Pembelajaran; Keterampilan Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 22:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item
View Item