Sormin, Debora Viscan (2017) ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWER POINT TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131012 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4131131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 4131131012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
4. NIM. 4131131012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4131131012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 4131131012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM. 4131131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM. 4131131012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
9. NIM. 4131131012 BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM. 4131131012 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 4131131012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan, perbedaan peningkatan dan korelasi aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan PBL menggunakan media Macromedia Flash dan Power Point pada materi hidrolisis garam. Sampel penelitian ada dua kelas, yaitu kelas eksperimen I menerapkan PBL menggunakan media Macromedia Flash dan kelas eksperimen II menerapkan PBL menggunakan Power Point. Analisis data menggunakan (1) uji t-satu pihak dengan α=0.05 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas (thit>ttabel 13,515>2,045 dan 9,442>2,045 pada kelas I dan II) dan hasil belajar siswa (thit>ttabel 19,999>2,045 dan 18,538>2,045 pada kelas I dan kelas II) yang diajarkan PBL menggunakan Macromedia Flash dan Power Point; (2) Analisis data menggunakan uji t-dua pihak menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan aktivitas (thit>ttabel = 2,123>2,002) dan hasil belajar siswa (thit>ttabel = 2,306>2,002) yang diajarkan PBL menggunakan Macromedia Flash dan Power Point; (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan PBL menggunakan media Macromedia Flash dan Power Point ditunjukkan dari rhi t>rtabel = 0,633>0,361 pada kelas I dan 0,380 > 0,361 pada kelas II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 059 |
Keywords: | PBL; macromedia flash; power point; aktivitas; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:05 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26250 |