Sari, Rini Puspita (2017) KONTRIBUSI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4131131037 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02 NIM 4131131037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
03. NIM 4131131037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
04. NIM 4131131037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
05. NIM 4131131037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
06. NIM 4131131037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 4131131037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 4131131037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
09. NIM 4131131037 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM 4131131037 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4131131037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kemampuan matematika terhadap hasil belajar kimia siswa pada Pokok Bahasan Stoikiometri khususnya Konsep Mol di Kelas X SMAN 1 Babalan, Kabupaten Langkat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling sebanyak satu kelas dari delapan kelas. Instrumen tes yang digunakan ada dua, yaitu instrumen tes kemampuan matematika dan instrumen tes hasil belajar kimia yang masing-masing sebanyak 30 soal. Berdasarkan data hasil perhitungan, diperoleh untuk uji hipotesis I mengenai hubungan yang linear dan signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia diperoleh Fhit =14,89 sedangkan Ftabel=4,11, karena Fhit > Ftabel maka Tolak Ho (terima Ha) berarti: Ada hubungan yang linear dan signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia. Untuk uji hipotesis II mengenai korelasi positif dan signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia diperoleh rhit = 0,541, sedangkan rtabel pada α=0,05 (N=38) adalah sebesar 0,320. Karena rhit > rtabel maka Ho diterima. Berarti ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia, sedangkan untuk uji hipotesis III mengenai kontribusi kemampuan matematika terhadap hasil belajar kimia diperoleh Koefisien Determinasi (CD) = 29,3 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 056 |
Keywords: | Kontribusi; Kemampuan matematika; Hasil belajar kimia; Stoikiometri; Konsep mol |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 09:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26233 |