Iqbal, Muhammad (2017) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK SWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321032 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 5133321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 5133321032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 5133321032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM. 5133321032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 5133321032 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 5133321032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 5133321032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 5133321032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM. 5133321032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM. 5133321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut, (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut, (3) hubungan fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI paket keahlian teknik pemesinan SMKS Budhi Darma Indrapura yang berjumlah 109 orang. Untuk ini yang menjadi sampel penelitian diambil dengan cara random sampling. Adapun jumlah sampel adalah 91 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas XI TP-2 SMK N 1 Percut Sei Tuan sebanyak 28 orang. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan koefisien korelasi 0,328 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan koefisien korelasi 0,337 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 51,804 + 0,154 X1 + 0,136 X2. Persamaan regresi ini signifikan karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut. Dengan demikian sekolah perlu meningkatkan fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar teknik pemesinan bubutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 059 |
Keywords: | Fasilitas; Motivasi; Hasil belajar teknik pemesinan bubut |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26229 |