Syahfitri, Juli (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA PAB 8 SAENTIS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341123 COVER(1).pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. NIM 7133341123 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM 7133341123 KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
4. NIM 7133341123 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 7133341123 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 7133341123 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7.NIM 7133341123 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7133341123 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 7133341123 BAB I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM 7133341123 BAB V.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
14. NIM 7133341123 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMA PAB 8 saentis tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PAB 8 Saentis dengan mengambil sampel yaitu seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 70 orang. Dan instrumen yang digunakan untuk mengukur perhatian orang tua dan kemandirian belajar berupa angket dan kuesioner validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi prduct moment dengan hasil dari 20 soal instrumen perhatian orang tua terdapat 18 soal yang valid dan 25 soal kemandirian belajar terdapat 19 soal yang valid. Reliabilitas tes uji dengan menggunakan alpha cronbach dengan hasil untuk perhatian orang tua sebesar rhitung> rtabel (0.953 > 0.361) dan reliabilitas kemandirian belajar sebesar rhitung> rtabel(0.920 > 0.361). Untuk mengetahui pengaruh variabel perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar digunakan rumus regresi linier berganda, dan persamaan regresi yang diperoleh Y= 33.009 + 0,489X1+ 0,490X2. Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5%, dengan hasil yang diperoleh menunjukkan perhatian orang tua berpengaruh signifikan dimana thitung> ttabel (4.324 > 1,995). Dan variabel kemandirian belajar berpengaruh signifikan dimana thitung> ttabel (5.098 > 1,995). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMA PAB 8 Saentis, dengan nilai Fhitung> Ftabel ( 35.069> 3.14). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS SMA PAB 8 Saentis Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 063 |
Keywords: | Perhatian orang tua; Kemandirian belajar; Prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26223 |