Harepa, Joko Enuari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TEHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANCUR BATUT.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122121006 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4122121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 4122121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 4122121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5. NIM. 4122121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM. 4122121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 4122121006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. NIM. 4122121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
13. NIM. 4122121006 CHAPTER I V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. NIM. 4122121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengetahuan konseptual fisika
siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group
Investigation (GI), (2) pengetahuan konseptual fisika siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) aktivitas siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan
perbandingan N-gain siswa kelas eksperimen dengan kontrol, (4) menganalisis apakah
hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan
dengan menggunakan model konvensional.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 5 kelas. Sampel
penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random
sampling, yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Kooperatif
Tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol menggunakan model
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada
dua, yaitu instrumen tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah
divalidasi dan instrumen observasi aktivitas belajar siswa.
Data hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,78
dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 33,11. Pengujian uji t dua pihak
menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kedua kelas kemudian
diberi perlakuan model pembelajaran yang berbeda dan diperoleh rata-rata nilai postes
kelas eksperimen sebesar 79,77 dan nilai postes kelas kontrol sebesar 70,76. Hasil
pengamatan observer diperoleh rata-rata peningkatan aktivitas siswa mencapai 61,91
termasuk dalam kategori aktif. Rata-rata nilai keseluruhan N-gain siswa untuk kelas
eksperimen 0,70 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol 0,57
termasuk dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis uji t satu pihak, menunjukkan
Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pengetahuan konseptual
fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif
Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan
model konvensional dengan pengaruh sebesar 13% pada materi pokok fludia
statis di kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P.2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 140 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI), PENGETAHUAN KONSEPTUAL, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:50 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26199 |