Marbun, Mayana Norberta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4133321035 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2. NIM 4133321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 4133321035 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM 4133321035 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 4133321035 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 4133321035 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4133321035 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 4133321035 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4133321035 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
13. NIM 4133321035 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 4133321035 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) serta mengetahui perkembangan psikomotorik dan aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara class random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MIA-4 dan kelas kontrol X MIA-5 yang berjumlah 36 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 15 item yang telah divalidkan. Data penilaian psikomotorik siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 42,59 dan 38,15, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1215 < 0,1476) untuk kelas eksperimen dan (0,1308< 0,1476) untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < Ftabel (1,147<1,853) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postest kelas eksperimen adalah 72,04 dan kelas kontrol 63,89. Rata-rata psikomotorik dan aktivitas belajar siswa adalah 65,23 dan 60,32 tergolong cukup aktif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,515 dan ttabel = 1,680 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 143 |
Keywords: | Quasi Eksperiment, Group Investigation, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:48 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26193 |