Lumbanraja, Panto (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121033 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 4131121033 SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 4131121033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4131121033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM 4131121033 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM 4131121033 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4131121033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4131121033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4131121033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM 4131121033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 4131121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa
pada materi pokok teori kinetik gas di kelas XI semester II SMA N 7 Medan T.P.
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group
pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 7
Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang
ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen dengan
menerapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan
penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay test, lembar
observasi sikap dan lembar penilaian keterampilan.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 32,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,58. Dari hasil uji beda nilai
kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,817, ttabel = 1,997,
maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes
kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.
Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training
pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah
pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,44 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata 68,16. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05
diperoleh hitung t = 4,7703 dan tabel t = 1,6687. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis
(Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar
siswa akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok Teori Kinetik Gas kelas XI SMA Negeri 7
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 152 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiry Training; Hasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26185 |