Siregar, Budiman (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERINTEGRASI POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS X T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4131121006 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM. 4131121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
NIM 4131121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
NIM. 4131121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
NIM. 4131121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
NIM. 4131121006 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM. 4131121006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM. 4131121006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM. 4131121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
NIM. 4131121006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM. 4131121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Inquiry Training terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok
Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P.
2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain
penelitian Control Group Pre-test Post-test Design Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 38 orang untuk kelas eksperimen dan 37 orang untuk
kelas kontrol. Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan pre test
kepada kedua kelas. Kemudian dilaksanakan pembelajaran Inquiry Training pada
kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah
selesai pembelajaran dilakukan post test. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan tes essai, sebanyak 10 soal yang terlebih dahulu sudah
divalidasikan.
Berdasarkan hasil pengolahan data pre test diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 31 dan nilai rata-rata kelas kontrol 27,2. Dari hasil uji beda nilai
kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,032, ttabel = 1,671,
maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre test
kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.
Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training
pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah
pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post test. Untuk
kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 70 dan untuk kelas kontrol diperoleh
nilai rata-rata 55,86. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05
diperoleh hitung t = 4,561 dan tabel t = 1,671. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha)
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model
pembelajaran Inquiry Training terintegrasi PowerPoint terhadap pengetahuan
konseptual siswa pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan kelas X
SMAN 10 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 137 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, INQUIRY TRAINING, PENGETAHUAN KONSEPTUAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:45 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26183 |