Lubis, Neni Anggraini (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133321017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4133321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 4133321017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4133321017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 4133321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 4133321017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM. 4133321017 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 4133321017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 4133321017 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
13. NIM. 4133321017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM. 4133321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantu macromedia flash terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X-MIA semester II yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara random sampling dengan kelas X-MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran inquiry training berbantu macromedia flash dan kelas X-MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 12 soal yang telah valid untuk mengukur KPS siswa, lembar observasi untuk mengukur sikap dan aktivitas KPS siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 48,00 dan kelas kontrol adalah 46,62.
Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,65 dan kelas kontrol 70,16. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap KPS siswa dengan menggunakan model inquiry training berbantu macromedia flash dengan kata lain model inquiry training berbantu macromedia flash lebih baik terhadap KPS siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 162 |
Keywords: | inquiry training, macromedia flash, keterampilan proses sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26172 |