PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2016/2017

Lubis, Neni Anggraini (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133321017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133321017 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133321017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133321017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133321017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133321017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133321017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133321017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133321017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133321017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133321017 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133321017 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133321017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133321017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133321017 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133321017 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133321017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133321017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133321017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbantu macromedia flash terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X-MIA semester II yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara random sampling dengan kelas X-MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran inquiry training berbantu macromedia flash dan kelas X-MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 12 soal yang telah valid untuk mengukur KPS siswa, lembar observasi untuk mengukur sikap dan aktivitas KPS siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 48,00 dan kelas kontrol adalah 46,62.
Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 79,65 dan kelas kontrol 70,16. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap KPS siswa dengan menggunakan model inquiry training berbantu macromedia flash dengan kata lain model inquiry training berbantu macromedia flash lebih baik terhadap KPS siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 162
Keywords: inquiry training, macromedia flash, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:41
Last Modified: 12 Sep 2017 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item
View Item