Maida, Tiyur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA DHARMA PANCASILA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121029 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4132121029 APROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM 4132121029 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 4132121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 4132121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 4132121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. NIM 4132121029 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 4132121029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4132121029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4132121029 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
14. NIM 4132121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM 4132121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida ststis kelas
XI Semester II di SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian
ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest
design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang
terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling
yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan
Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang
digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal.
Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh
validator. Uji Hipotesis menggunakan Uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai
rata-rata kelas kontrol sebesar 40,2 dengan standar deviasi 8,91 dan nilai rata-rata
pretes kelas eksperimen sebesar 40,91 dengan standar deviasi 9,52. Diperoleh
nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 64,45 dengan standar deviasi 6,60 dan
kelas eksperimen sebesar 79,91 dengan standar deviasi 6,61. Uji normalitas dan
homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil
pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 9,27 dan ttabel = 1,669, sehingga
thitung > ttabel (9,27 > 1,669) maka Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan
model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
fluida statis di kelas XI semester II SMA Dharma Pancasila Medan T.P
2016/2017 atau hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran
model learning cycle lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan
pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 164 |
Keywords: | model pembelajaran, learning cycle, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:39 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26170 |