Melvita, Santi (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
055030330 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
055030330 - Abtrak.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
055030330 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
055030330 - Bab I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
055030330 - Bab V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
055030330 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi Directed Reading Strategy Thinking Activity lebih tinggi dari basil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi Known-Want to know-Learned, dan mengetahui apakah hasil belajar bahasa Inggris siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual lebih tinggi dari hasil belajar gaya belajar siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditori dan hasil belajar siswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik, serta mengetahui apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 4 di Kota Banda Aceh, sedangkan sampel diambil sebanyak empat (kelas) secara cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan pada semester V Tatum Ajaran 2007/2008. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 3, teknik analisis data menggunakan ANAVA 2x3. Gaya belajar siswa diukur dengan menggunakan tes gaya belajar dengan berpedoman kepada buku Fire-Up Learning: An Accelerated Learning Action Guide, karangan Madden, T. L, buku Quantum Teaching : Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, karangan De Porter, B, buku Quantum Teaching. Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, karangan De Porter, B dan buku Born to be a Genius, karangan Gunawan, A.S serta kaset CD Interaktif Learning How to Learn. Tes basil belajar bahasa Inggris menggunakan tes, berbentuk pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 40 butir dan memiliki reliabilitas 0,899 dengan menggunakan rumus Spearman Brown.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity memiliki hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Known-Want to know-Learned. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung = 9,90 > Ft, = 3,92 pada taraf signifikansi aSiswa dengan kecenderungan gaya belajar auditori memiliki hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual dan siswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik. Hal ini ditunjukkan oleh F hitting = 7,82 > F tabel = 3,92 pada taraf signifikansi a = 0,05. Dan dengan dk (2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap basil belajar bahasa Inggris siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitting = 7,12 > Flabei = 3,92 pada taraf signifikansi Uji perbandinganganda dilakukan untuk membandingkan antar set. Uji lanjut menggunakan Uji Scheffe membuktikan bahwa siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity memperoleh basil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Known Want to know-Learned. Sedangkan siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori memperoleh hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Known-Want to know-Learned.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 San p |
Keywords: | Gaya Belajar; Hasil Belajar; Bahasa Inggris; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2617 |