Simatupang, Zones Randy (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121051 Cover.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 4131121051 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM 4131121051 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 4131121051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 4131121051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM 4131121051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 4131121051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4131121051 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4131121051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 4131121051CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM 4131121051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15. NIM 4131121051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Inkuiri Terbimbing terintegrasi animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Fluida Dinamis kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain
penelitian Control Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk
kelas kontrol, sebelum pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretest kepada
kedua kelas, kemudian dilaksanakan pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas
eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah selesai
pembelajaran dilakukan postest. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan tes essai, sebanyak 8 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 30,91 dan nilai rata-rata kelas kontrol 30,33. Hasil uji beda nilai
kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,4238, ttabel = 2,002,
maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama,
selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing terintegrasi animasi flash pada kelas eksperimen dan pembelajaran
konvensional pada kelas kontrol, setelah pembelajaran diberikan kemudian pada
kedua kelas dilakukan postest. Nilai N-gain siswa untuk kelas eksperimen 0,59
termasuk dalam kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol 0,44 termasuk dalam
kategori sedang. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 72,08 dan untuk kelas
kontrol diperoleh nilai rata-rata 61,33. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf
signifikan α = 0,05 diperoleh hitung t = 5,1166 dan tabel t = 2,002. Karena hitung t >
tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terintegrasi
animasi flash sebesar 15,09 % terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
fluida dinamis kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.P. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 166 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Animasi Flash, Fluida Dinamis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:39 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26168 |