Lestari, Sarah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA ALHIDAYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4102121023 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. 4102121023 LEMBAR-PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. 4102121023 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. 4102121023 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. 4102121023 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. 4102121023 DAFTAR-ISI_doc.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. 4102121023 DAFTAR-TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. 4102121023 DAFTAR-GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. 4102121023 DAFTAR-LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10. 4102121023 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. 4102121023 BAB-V_doc.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. 4102121023 DAFTAR-PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation) terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok suhu dan kalor di Kelas X Semester II SMA Alhidayah
Medan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment, yang melibatkan dua
kelas yang diberi model pembelajaran yang berbeda yaitu kelas X 2 dengan
jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation)
dan kelas X 4 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas kontrol diajar dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Adapun hasil penelitian ini adalah nilai
rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 4,29 dan nilai rata-rata pretes kelas
kontrol sebesar 4,03. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh ratarata
postes kelas eksperimen sebesar 6,29 dan rata-rata postes kelas kontrol
sebesar 5,64. Hasil ini tampak bahwa nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol. sehingga dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation)(GI))
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Alhidayah T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 167 |
Keywords: | Hasil belajar; Group investigation (group investigation) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:38 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26167 |