Tiadarma, Muhammad Andi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121028 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4131121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 4131121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 4131121028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4131121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 4131121028 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 4131121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4131121028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4131121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM. 4131121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4131121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based Learning dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran problem based Learning. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MIPA 3 dan kelas kontrol X MIPA 4 yang berjumlah 33 siswa.. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 10 Soal yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data penilaian afektif dan psikomotorik di kelas eksperimen, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar33,33 dan 31,21. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 75,81 dan 63,48. Hasil uji t diperoleh thitung = 6,38 dan ttabel = 1,93 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas X semester II pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017. Kesimpulan yang di dapat adalah penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 168 |
Keywords: | QUASI EKSPERIMEN; MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING; MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:37 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26166 |