Simatupang, Maya Sari (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4133321052 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
02. NIM 4133321052 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
03. NIM 4133321052 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
04. NIM 4133321052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
05. NIM 4133321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
06. NIM 4133321052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
07. NIM 4133321052 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
08. NIM 4133321052 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
09. NIM 4133321052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM 4133321052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM 4133321052 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di
kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa dan
sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Sampel
penelitian ini dipilih dengan teknik Class Random Sampling. Pengumpulan data
menggunakan teknik tes berbentuk soal essai berjumlah enam soal untuk mengukur
hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan
keterlaksanaan pembelajarannya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas
eksperimen 19,72 dan nilai rata-rata kelas kontrol 20,28. Setelah pembelajaran
selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,44
dan kelas kontrol 68,80. Nilai N-gain hasil belajar siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning adalah 0,70
termasuk pada kriteria nilai tinggi dan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional dengan nilai N-Gain hasil belajar siswa adalah 0,55 yang termasuk
pada kriteria nilai sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk α = 0,05, diperoleh
thitung = 3,594 sedangkan ttabel = 2,012. Kriteria pengujian hitung t > tabel t (3,594 >
2,012). sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model Problem Based Learning pada materi usaha dan energi di kelas X
semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 191 |
Keywords: | Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:35 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26161 |