PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Simatupang, Maya Sari (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4133321052 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4133321052 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4133321052 APPROVAL SHETT.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4133321052 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4133321052 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4133321052 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4133321052 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4133321052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4133321052 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4133321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4133321052 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4133321052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 4133321052 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 4133321052 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 4133321052 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. NIM 4133321052 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4133321052 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4133321052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133321052 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133321052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM 4133321052 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133321052 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di
kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa dan
sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X
MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Sampel
penelitian ini dipilih dengan teknik Class Random Sampling. Pengumpulan data
menggunakan teknik tes berbentuk soal essai berjumlah enam soal untuk mengukur
hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan
keterlaksanaan pembelajarannya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas
eksperimen 19,72 dan nilai rata-rata kelas kontrol 20,28. Setelah pembelajaran
selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,44
dan kelas kontrol 68,80. Nilai N-gain hasil belajar siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning adalah 0,70
termasuk pada kriteria nilai tinggi dan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional dengan nilai N-Gain hasil belajar siswa adalah 0,55 yang termasuk
pada kriteria nilai sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk α = 0,05, diperoleh
thitung = 3,594 sedangkan ttabel = 2,012. Kriteria pengujian hitung t > tabel t (3,594 >
2,012). sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model Problem Based Learning pada materi usaha dan energi di kelas X
semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 191
Keywords: Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:35
Last Modified: 11 Sep 2017 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item
View Item