WulandariI, Eka (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AP SMK SWASTA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141030 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7131141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
4. NIM 7131141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. NIM 7131141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
5. NIM 7131141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 7131141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 7131141030 APPEDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7131141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
12. NIM 7131141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM 7131141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Swasta Sinar Husni Helvetia Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspos facto.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 149 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 109 orang dengan teknik slovin yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi hasil nilai ujian semester ganjil. Uji validitas untuk butir angket menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas dihitung dengan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 21,014 + 0,357X1 + 0,508X2. Variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (7,135 > 1,984), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Sementara kinerja guru (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (8,852 > 1,984), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai fhitung > ftabel (92,264 > 3,08), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan yang diberikan variabel kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 64%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Swasta Sinar Husni Helvetia Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 039 |
Keywords: | KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU, PRESTASI BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 16:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26156 |