Sihombing, Lasti Romauli (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141063 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7131141063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
4. NIM. 7131141063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM. 7131141063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 7131141063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 7131141063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7131141063 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7131141063 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7131141063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 7131141063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 7131141063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan mengajar guru, kurangnya disiplin belajar siswa dan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) mengetahui besarnya pengaruh keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa melakukan prosedur administrasi kelas XI PK SMK BM Sinar Husni Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan Jalan veteran gang utama pasar V helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas XI PK SMK BM Sinar Husni Medan yang berjumlah 143 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil mengunakan teknik Simple Random Sampling atau acak sederhana, yaitu 25% dari 143 siswa kelas XI PK SMK BM Sinar Husni Medan sebanyak 36 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linier berganda dan mengunakan uji hipotesis secara parsial (uji t), dan secara simultan (uji f) serta mengunakan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar siswa kelas XI PK SMK BM Sinar Husni Medan dalam kategori rendah yaitu 38,89%. Regresi linier bergandaY= 36.386 + 0,285X1 +0,260X2. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5%. Untuk variabel keterampilan mengajar guru (X1) menunjukkan nilai thitung = 2,726 dan ttabel = 1,691, maka thitung > ttabel yaitu 2,726 >1,691 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variable disiplin belajar siswa (X2) menunjukkan nilai thitung = 2,443 dan ttabel = 1,691, maka thitung > ttabel yaitu 2,443 >1,691 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian hipotesi secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai fhitung = 18,238 dan Ftabel = 3,28 maka Fhitung > Ftabel ( 18,238 > 3,28) yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,535 atau 53,5%, hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar adalah 53,5%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa melakukan prosedur administrasi kelas XI PK SMK BM Sinar Husni Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 041 |
Keywords: | KETERAMPILAN MENGAJAR GURU; DISIPLIN BELAJAR SISWA; PRESTASI BELAJAR SISWA. |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ5309 Administrative fees. User charges. License fees L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 16:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26154 |