Butar-butar, Florenchya Sevya Kartini (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141045 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 7132141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
4. NIM. 7132141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 7132141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 7132141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 7132141045 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 7132141045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 7132141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
12. NIM. 7132141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM. 7132141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi gaya mengajar guru, kurangnya keterampilan guru mengajar dan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) mengetahui besarnya pengaruh gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 76 orang, sampel penelitian ini berjumlah 76 orang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linier berganda dan mengunakan uji hipotesis secara parsial (uji t), dan secara simultan (uji f) serta mengunakan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5%, variabel gaya mengajar guru (X1) nilai thitung = 35.764 dan ttabel = 1.665 maka thitung > ttabel yaitu 35.764 > 1.665 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel keterampilan guru mengajar (X2) nilai thitung = 4.102 dan ttabel = 1.665 maka thitung> ttabel yaitu 4.102 > 1.665 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai Fhitung = 56.066 dan Ftabel = 3.12 maka Fhitung > Ftabel (56.066 > 3.12) yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Dan koefisien determinasi R2 sebesar 0.606 hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar adalah 60.6%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dan keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 065 |
Keywords: | Gaya Mengajar Guru;Keterampilan Guru Mengajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 16:19 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26148 |