Tumanggorr, Asmin (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERRHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7132141007 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
02. NIM. 7133141072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
03. NIM. 7133141072 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
04. NIM. 7133141072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
05. NIM. 7133141072 TABEL AND CONTENT v.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
06. NIM. 7133141072 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
07. NIM. 7133141072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
08. NIM. 7133141072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
09. NIM 7133141072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
13. NIM. 7133141072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM 7133141072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “ rendahnya prestasi belajar IPS Terpadu” Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.P 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 362 siswa dan sampel berjumlah 90 siswa yang diambil dengan teknik random sampling secara acak. Teknik pengambilan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaraan angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.
Hasil Perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 20 diperoleh persamaan regresi Y= 79,914 - 0,088 X1 + 0,083 X2 +e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan kemandirian belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pretasi belajar IPS Terpadu dengan nilai > yakni (-2,290<1,662).pada taraf signifikan 0,000<0,05. Dan manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS Terpadu dengan nilai > yakni (2,173 > 1,662).pada taraf signifikan 0,000 <0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa kemandirian belajar dan manajemen waktu berpengaruh secara simultan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS Terpadu dengan nilai > yakni (3,648 > 3,10) pada taraf signifikan 0,000 <0,05. Hasil uji koefisien determinasi ( ) Kemandirian Belajar (X1)dan Manajemen Waktu (X2) memberikan sumbangan pengaruh sebesar 5,6% terhadap prestasi belajar (Y) dan sisanya yaitu sebesar 94,4% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor lain diluar dari penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 046 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Manajemen Waktu; Prestasi Belajar IPS Terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 14:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26142 |