PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGA-PUNGGA T.P. 2016/2017

Siburian, Febri Mathew (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGA-PUNGGA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121008 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121008 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121008 BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132121008 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121008 BAB V.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah, serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Silima Pungga-pungga T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Control Group Pretest Posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X Sma Negeri 1 Silima Pungga-pungga. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 April – 13 Mei 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dan observasi untuk mendapatkan data aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 31,09 nilai rata-rata kelas kontrol adalah 30,13. Data kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung < ttabel (0,456 < 1,9966). Setelah diberikan perlakuan yang berbeda maka diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,17 dengan standar deviasi 9,91 dan kelas kontrol 64,21 dengan standar deviasi 8,37. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 72,01 termasuk dalam kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis postes diperoleh thitung = 3,678 dan ttabel = 1,6683 sehingga thitung > ttabel (3,678 > 1,6683) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Silima Pungga-pungga T. P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 131
Keywords: Hasil belajar; Aktivitas belajar; Suhu; Pemuaian; Kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:01
Last Modified: 08 Sep 2017 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item
View Item