Hijriati (2017) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121017 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 4131121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM 4131121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4131121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM 4131121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4131121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 4131121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4131121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM 4131121017 CHAPTERS I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM 4131121017 CHAPTERS V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4131121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui hasil belajar siswa dengan implementasi PCK pada inkuiri terbimbing, (2)mengetahui hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional, (3)mengetahui aktivitas belajar siswa dengan implementasi PCK pada inkuiri terbimbing, (4)mengetahui pengaruh implementasi PCK pada inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan implementasi PCK pada inkuiri terbimbing, dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 25 siswa. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dan observasi aktivitas siswa kelas eksperimen.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 32,00 dan nilai rata-rata postes 74,39 dengan kategori tuntas. Kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 28,27 dan nilai rata-rata postes 64,00 dengan kategori tidak tuntas. Hasil pengujian hipotesis diterima. Rata-rata skor aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai 61,48% dengan kategori aktif. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh implementasi PCK pada inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 128 |
Keywords: | Pedagogical Content Knowledge (PCK); Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:01 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26129 |