Siregar, Anikha Sarah (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KARTU MATRIKS KELAS IV SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1121111002_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 1121111002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1121111002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1121111002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1121111002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 1121111002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1121111002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1121111002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1121111002_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 1121111002_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1121111002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pecahan siswa dalam pembelajaran matematika setelah diadakan penelitian menggunakan media kartu matriks pada pecahan pada kelas IV SD Negeri 060912 Medan Denai TahunAjaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060912 Medan Denai Tahun Ajaran 2016/2017 di kelas IV semester II. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari 1 siklus 2 x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit, dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan/observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060912 Medan Denai yang berjumlah 30 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian pada tes awal telah diperoleh nilai rata-rata 59,67 yang mana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 13 orang atau 43,33% dari jumlah keseluruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 17 orang atau 56,67% dari jumlah keseluruhan. Hasil pemberian tes I (Siklus I) pada siswa dipeoleh rata-rata 64,67 dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 17 orang atau 56,67% dari jumlah keseluruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang atau 43,33% jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 74,33 dimana 25 orang atau 83,33% dari jumlah keseluruhan mencapai ketuntasan, 5 atau 16,67% tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru mata pelajaran matematika hendaknya menggunakan kartu matriks dalam proses pembelajaran operasi bilangan pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 210 |
Keywords: | Hasil belajar; Metode permainan kartu matriks; Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26126 |