PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI KEMAGNETAN DI KELAS IX SEMESTER II SMP NEGERI 17 MEDAN T.P. 2016/2017

Hutasuhut, Azhari Pardomuan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI KEMAGNETAN DI KELAS IX SEMESTER II SMP NEGERI 17 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123121006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123121006 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123121006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123121006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123121006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123121006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123121006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123121006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123121006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123121006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123121006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123121006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123121006 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123121006 BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121006 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121006 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas IX semester genap pada sub materi kemagnetan di SMP Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Semester II SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas IX-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-8 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda, jumlah soal 10 item yang telah divalidkan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 41,000 dan kelas kontrol adalah 40,000 setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,333 dan kelas kontrol 63,000. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 5,323 sedangkan ttabel = 1,988. Karena thitung > ttabel (5,323>1,988) sehingga Ha diterima. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training. Dengan demikian, bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada sub materi kemagnetan di SMP Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 126
Keywords: Quasi Eksperiment; Inquiry Training; Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:00
Last Modified: 08 Sep 2017 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26122

Actions (login required)

View Item
View Item