Sitohang, Lidya Nurani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS X JURUSAN TITL SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5133331003 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
02. NIM 5133331003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
03. NIM 5133331003 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. NIM 5133331003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
05. NIM 5133331003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
06. NIM 5133331003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
07. NIM 5133331003 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
08. NIM 5133331003 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
09. NIM 5133331003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM 5133331003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 5133331003 CHAPTER BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita, 2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita, 3) Hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita, yaitu kelas X TITL 1 dan X TITL 2 dengan jumlah seluruh siswa 51 orang. Sampel yang digunakan adalah X TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data hasil post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen, X ̅ = 80,14 dan Sd = 14,44, sedangkan pada kelas kontrol X ̅ = 66,5 dan Sd = 19,553. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 2,96 dan ttabel = 1,677. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,96 > 1,677, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 029 |
Keywords: | Model pembelajaran; Rangkaian listrik arus searah; Hasil belajar kompetensi dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26114 |