Sembiring, Maydica (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 17 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131121026 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 4131121026 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM 4131121026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 4131121026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4131121026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 4131121026 ILLUSTARTION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4131121026 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 4131121026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 4131121026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM 4131121026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4131121026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran generatif pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI Semester II SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 17 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 5 kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes uraian dengan jumlah 8 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran generatif dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,71 dengan standar deviasi 15,91 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 39,82 dengan standar deviasi 13,85. Pada pengujian data pretes kedua kelas, diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 75,52. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,31 dengan standar deviasi 8,99 dan kelas kontrol 65,29 dengan standar deviasi 11,69. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,002 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung > ttabel (4,002 > 1,668) maka Ha diterima dimana hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 124 |
Keywords: | Model Pembelajaran Generatif; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 09:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26107 |