Siregar, Mila Rosalina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ASY-SYAFI'IYAH MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7131141073 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2.NIM 7131141073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3.NIM 7131141073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4.NIM 7131141073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5.NIM 7131141073 TABLE AND CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6.NIM 7131141073 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7.NIM 7131141073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8.NIM 7131141073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9.NIM 7131141073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13.NIM 7131141073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14.NIM 7131141073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization
terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Asy-Syafi’iyah Medan yang beralamat di Jln. Karya Wisata II No. 1 Medan Johor . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan total sampling dimana sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas X-1 dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Konvensional dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa diajar dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization
sebesar 47,25 dengan SD = 17,65 dan nilai rata-rata post test sebesar 79,51 dengan SD = 10,30. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol 49,16 dengan SD = 15,65 dan nilai rata-rata post test sebesar 68,33 dengan SD = 10,61. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,12 sedangkan ttabel sebesar 1,6705. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,12 > 1,6705 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar
Ekonomi Siswa Kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 09:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26103 |