Paraita, Niar (2017) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN CIVIC PARTICIPATION SISWA KELAS X SMA NEGERI UNGGUL BINAAN BENER MERIAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3132111008 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 3132111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM. 3132111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 3132111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 3132111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3132111008 GRAFHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3132111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 3132111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3132111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 3132111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 3132111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan civic participation siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang digunakan ialah 40% dari jumlah populasi yaitu 44 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan dengan teknik cluster sampling karena semua subjek dianggap homogen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga (3) cara, yaitu dengan melakukan observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sangat berperan dalam pembentukan civic participation siswa. Hal ini dapat dilihat melalui jumlah dari keseluruhan sampel yang diteliti sebanyak 82,04% siswa, menyatakan selalu berpartisipasi dalam segala kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Keberhasilan ini tidak terlepas dari campur tangan guru dalam melakukan proses belajar di kelas. Melalui Pendidikan Kewarganegaraan guru menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan yang lainn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 021 |
Keywords: | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, CIVIC PARTICIPATION |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:59 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26093 |