Marbun, Lismauli K (2017) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141023 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 7132141023 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
3. NIM 7132141023 ABSTRACT.PDF.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 7132141023 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM 7132141023 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 7132141023 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 7132141023 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 7132141023 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 7132141023 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 7132141023 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM 7132141023 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan pada materi pelajaran Ekonomi T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks dan Problem Based Learning siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jl. Gelas No. 12 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 204 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik Simple Random Sampling, yaitu kelas XI MIA 1 sebanyak 40 siswa dan kelas XI MIA 4 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar.
Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen I, dari pre tes diperoleh nilai rata-rata 50 dan standar deviasi 10,23, dari post tes diperoleh nilai rata-rata 85,12, standar deviasi 7,93. Kemudian untuk kelas eksperimen II, dari pre tes diperoleh nilai rata-rata 54,64 dan standar deviasi 10,94, dari post tes diperoleh nilai rata-rata 81,55 dan standar deviasi 6,92. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% α = 0,05 pada pengamatan n = 40 siswa didapat thitung 9 dan ttabel 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (9 > 1,671), maka hipotesis diterima.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dengan nilai rata-rata 85,12, dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Pair Checks dengan nilai rata-rata 81,55 di kelas XI MIA SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 122 |
Keywords: | Model Pembelajaran Pair Checks;Model Pembelajaran Problem Based Learning;Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 14:44 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26063 |