PRIBADI, ARIF (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131111004 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM. 4131111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
3. NIM. 4131111004 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
4. NIM. 4131111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 4131111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM. 4131111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7. NIM. 4131111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 4131111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 4131111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
10. NIM. 4131111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
14. NIM. 4131111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
15. NIM. 4131111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih
baik daripada menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok (Group
Investigation) di kelas VIII SMP Negeri Pancur Batu. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri
1 Pancur Batu yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan purposive sampling dan diambil kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen
1 dengan 34 siswa, serta kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen 2 dengan 32 siswa.
Penelitian ini menggunakan intrumen berbentuk uraian yaitu posttest yang digunakan
untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil
penelitian setelah diberikan perlakuan berbeda yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan
model pembelajaran kontekstual (CTL) dan kelas eksperimen 2 menggunakan model
pembelajaran investigasi kelompok (Group Investigation) diperoleh nilai rata-rata
77,171 untuk kelas eksperimen 1 dan 70,685 untuk kelas eksperimen 2. Hasil uji
hipotesis memberikan nilai thitung = 1,734252 dan ttabel = 1,6693 dengan dk = 64 dan
taraf signifikan = 0,05 sehingga terlihat yang
berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
kontekstual (CTL) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok (Group
Investigation) di kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 119 |
Keywords: | PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA; MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL); MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 11:41 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26052 |