Rimelahas, Wan Luzni (2017) PERBEDAAN RETENSI SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK MNEMONIK DAN TEKNIK MIND MAPPING PADA SUB MATERI CNIDARIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141086 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4133141086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4133141086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 4133141086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4133141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 4133141086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4133141086 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4133141086 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4133141086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM. 4133141086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 4133141086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya retensi siswa antara pembelajaran dengan teknik Mnemonik dan teknik Mind Mapping pada sub materi Cnidaria di SMA. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA SMA Negeri 1 Bahorok dengan jumlah siswa 132 orang dan sampel 64 orang dengan melakukan pembelajaran dengan menggunakan teknik Mnemonik untuk kelas eksperimen I dan teknik Mind Mapping untuk kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara ”cluster random sampling”. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes objektif yang berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa retensi siswa yang diajar menggunakan teknik Mnemonik dengan rata-rata sebesar 79,76 lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan teknik Mind Mapping dengan rata-rata sebesar 73,11. Berdasarkan hasil uji statistik t diperoleh thitung = 2,69, dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,999. Ternyata thitung > ttabel (2,69>1,999) maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan retensi siswa yang diajar menggunakan teknik Mnemonik dan teknik Mind Mapping pada sub materi Cnidaria di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bahorok Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 059 |
Keywords: | Retensi; Teknik pembelajaran; Mnemonik; Mind mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26042 |