Kasmarani, Indah Ratna (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN USAHA PEMASARAN KELAS X PM DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141048 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 7131141048 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM 7131141048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 7131141053 FREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 7131141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 7131141048 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 7131141048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 7131141048 APPENDENCIS.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 7131141048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 7131141048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 7131141048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pengelolaan usaha pemasaran siswa kelas X PM SMKN 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match (icm) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran kelas x pm di smk negeri 1 medan t.p 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di jalan sindoro No.1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X PM yang berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas X PM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X PM 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, yang terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisa data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan kolaborasi model pembelajaran Index Card Match (rata-rata = 70.42 dan SD = 15.92) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajar menggunakan metode konvensional (rata-rata = 63.37 dan SD = 13.01). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk (n1 + n2)-2 pada taraf signifikan α = 0,05.dari perhitungan hipotesis thitung = 4,185 sedangkan ttabel = 1.997. Hasil pengujian hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 4,185 > 1.997 yang berarti hipotesis diterima. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk (n1 + n2)-2 pada taraf signifikan α = 0,05.dari perhitungan hipotesis thitung = 2.062 sedangkan ttabel = 1.997. Hasil pengujian hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 2.062 > 1.997.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match (icm) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran kelas x pm di smk negeri 1 medan t.p 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 056 |
Keywords: | Aktivitas Dan Hasil Belajar, Index Card Match |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 11:45 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26023 |