Rahmadhani, Rizki (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131042 COVER .pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM 4131131042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4131131042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4. NIM 4131131042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 4131131042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 4131131042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 4131131042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 4131131042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4131131042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10. NIM 4131131042 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM 4131131042 BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
15. NIM 4131131042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning menggunakan Macromedia Flash atau pembelajaran model problem based learning menggunakan Powerpoint, serta untuk mengetahui hubungan keaktifan dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegajahan yang mengambil jurusan IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan penerapan model problem based learning menggunakan Macromedia Flash dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan penerapan model problem based learning menggunakan Powerpoint. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen non tes yang digunakan terdiri dari lembar observasi keaktifan siswa. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,527. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen, dimana rata-rata nilai pretest untuk kelas eksperimen I dan II sama-sama sebesar 17 sedangkan untuk nilai postest untuk kelas eksperimen I sebesar 80,33 dan kelas ekperimen II sebesar 76,00. Untuk uji hipotesis I mengenai hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 2,24 > 2,00, yang berarti Ha diterima dan tolak Ho. Sedangkan untuk uji hipotesis II mengenai keaktifan siswa diperoleh data thitung > ttabel yakni 2,70 > 2,00 yang berarti Ha diterima dan tolak Ho, dimana rata-rata keaktifan siswa pada kelas eksperimen I sebesar 81,57 dan pada kelas eksperimen II sebesar 75,87. Dan untuk uji hipotesis III mengenai hubungan keaktifan dengan hasil belajar diperoleh pada kelas eksperimen I diperoleh rhitung = 0,60, pada kelas ekperimen II diperoleh rhitung = 0,66. sehingga harga rhitung>rtabel (0,60>0,3610) dan (0,66>0,3610). yang berarti Ha diterima dan tolak Ho, dengan kontribusi keaktifan pada kelas ekperimen I sebesar 36% dan pada kelas eksperimen II sebesar 44%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 185 |
Keywords: | Hasil Belajar; Keaktifan; Macromedia Flash; Powerpoint; Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 14:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26017 |