Ernala, Esther (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111025 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
02. NIM 2133111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
03. NIM 2133111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
04. NIM 2133111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
05. NIM 2133111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. NIM 2133111025 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
07. NIM 2133111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
08. NIM 2133111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
12. NIM 2133111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 2133111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks diskusi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medan yang berjumlah 330 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dari 15% jumlah populasi, yaitu sebanyak 50 siswa dengan menggunakan teknik random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data pada penelitian ini adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan berpikir kritis siswa adalah instrumen tes objektif, yaitu tes pilihan berganda yang berisi 36 butir soal yang telah diuji terlebih dahulu, sedangkan instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks diskusi siswa adalah tes penugasan, yaitu tes penugasan menulis teks diskusi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ ). Kedua, kemampuan menulis teks diskusi siswa tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ ). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teks diskusi siswa. Dalam hal ini, pada taraf kepercayaan 5%, thitung> ttabel (6,27> 1,68).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 114 |
Keywords: | Berpikir Kritis, Menulis, Teks Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26012 |