Pohan, Dumaria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131142012 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 7131142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. NIM 7131142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM 7131142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 7131142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM 7131142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 7131142012 ILLUSTRATIONN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 7131142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
9. NIM 7131142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 7131142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM 7131142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 192 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 54,00 dan 83,40. Sedangkan pada kelas pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 50,20 dan 73,60. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh = 5,095 dan = 1,676. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan > yaitu 5,095 > 1,676. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika > maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi secara signifikan disbanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 132 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 12:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26010 |