Naenggolan, Rumantri (2017) PEMBELAJARAN DEBAT KOMPETITIF SEBAGAI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2132111017 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 2132111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. NIM. 2132111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 2132111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM. 2132111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 2132111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 2132111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 2132111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
12. NIM. 2132111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM. 2132111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran debat kompetitif
terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 182 orang siswa.
Dari 182 siswa, ditetapkan 38 siswa orang sebagai sampel secara random.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen onegroup
pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
berbentuk penilaian unjuk kerja/skala penilaian. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa
kemampuan siswa berbicara sebelum pembelajaran debat kompetitif masuk
dalam kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 57,38 sedangkan setelah diadakan
pembelajaran debat kompetitif termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata
74,33. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,74 > 2,03
pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil
(Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu pembelajaran debat kompetitif
berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA
Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 112 |
Keywords: | DEBAT KOMPETITIF; BERBICARA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 12:03 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26006 |