Sinaga, Icce Syafitri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI HIGHER ORDER THINKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AK DI SMK HKBP SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132142013 - COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 7132142013 - APROVAL.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM. 7132142013 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 7132142013 -PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 7132142013 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
6. NIM. 7132142013 - TABLE.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 7132142013- PICTURE.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 7132142013- APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM. 7132142013 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM. 7132142013 - CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. NIM. 7132142013 - BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan pada hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Higher Order Thinking di kelas X AK di SMK HKBP Sidikalang Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK HKBP Sidikalang yang terletak di Jln. Gereja No.1 pada semester genap Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan subjek siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 43 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes essay serta lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini pada siklus I diperoleh hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 20 (46,51%) siswa kategori aktif dan sangat aktif dan pada siklus II hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 40 (93,02) orang siswa kategori sangat aktif dan aktif. Terjadi peningkatan aktifitas sebesar 46,51 telah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu ≥23 atau 70%. Pada hasil tes belajar siswa pretest diperoleh nilai siswa yang tuntas 15 siswa (34,88%) dengan nilai rata-rata 64,18, pada siklus I 25 (58,13%) dengan nilai rata-rata 73,48, dan pada siklus II 37 (86,05%) siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum sekolah 75.
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Higher Order Thinking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menyusun jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan siswa kelas X Akuntasi SMK HKBP Sidikalang tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 131 |
Keywords: | Creative Problem Solving, Higher Order Thinking, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 13:45 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25984 |